NAMA : ADITYA RAMADHANI
NPM : 11207296
KELAS : 3 EA13
Penjelasan tentang perilaku konsumen dan strategi pemasaran
Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengaturbarang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumberdayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
Perilaku Konsumen membahas konsumen yang dibagi menjadi 2macam, yaitu :
• Konsumen Individual
• Konsumen Organisasi
Konsumen Individual menggunakan barang/jasa pada diri sendiri sehingga merupakan konsumen akhir. Pertanyaannya: Apabila si A membeli bunga untuk pacarnya. Termasuk konsumen invidualkah dia….? Tentu ya jawabannya karena si A memberi bunga untuk kepuasan dia sendiri.
Sedangkan Konsumen Organisasi menggunakan barang/jasa untuk kepentingan organisasi. Contohnya : PT Senggol Sana membeli 200 unit Toyota Kijang untuk mengantar jemput karyawannya.
Aplikasi dari Perilaku Konsumen
Pengetahuan tentang perilaku konsumen dapat diterapkan dalam hal sebagai berikut :
1. Marketing Strategy (Strategi Pemasaran)
2. Regulatory Policy (Pengaturan Kebijakan)
3. Social Marketing (Pemasaran Untuk Khalayak)
4. Informed Individuals (Informasi Untuk Individu)
5. Marketing Strategy (Strategi Pemasaran)
Semua strategi pemasaran dan taktiknya, dirancang berdasarkan kepercayaan secara eksplisit maupun implisit tentang perilaku konsumen. Keputusan yang diambil berdasarkan asumsi yang jelas, teori yang ada, dan riset lebih terbukti sukses dibanding dengan keputusan yang diambil hanya berdasrkan dugaan atau intuisi semata. Jadi pengetahuan tentang perilaku konsumen lebih memberikan keuntungan. Hal itu dapat mengurangi keganjilan dalam keputusan dan kegagalan pasar.
Regulatory Policy (Pengaturan Kebijakan)
Kebijakan disusun untuk membangun, menerjemahkan, dan menerapkan peraturan yang dibuat sebagai perlindungan dan bantuan bagi konsumen
Social Marketing (Pemasaran Untuk Khalayak)
Social marketing digunakan untuk merubah atau menciptakan perlikau yang berefek positif pada target secara individual maupun masyarakat luas. Social marketing biasanya digunakan untuk mengkampanyekan usaha mengurangi rokok, imunisasi pada anak-anak, mengkampanyekan bahaya AIDS, bahaya narkoba serta hal lain yang sangat penting dan berhubungan dengan masyarakat luas.
Informed Individuals (Informasi Untuk Individu)
Masyarakat yang tinggal di negara berkembang, pada umumnya adalah masyarakat yang konsumtif. Kebanyakan penduduk pada masyarakat ini menggunakan lebih banyak waktu untuk kegiatan konsumsi dibandingkan kegiatan lainnya, termasuk tidur dan bekerja. Sehingga pengetahuan tentang perilaku konsumen dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap lingkunagan dan diri kita sendiri. Pemahaman ini berguna bagi penduduk, membentuk perilaku pembelian yang efektif dan pertimbangan bisnis.
Strategi Pemasaran dan Perilaku Konsumen
Untuk dapat bertahan dalam kompetisi, perusahaan harus mampu memberikan keuntungan yang lebih kepada konsumen dibanding kompetitornya. Keuntungan konsumen adalah selisih antara manfaat yang dapat diambil dari produk dan semua biaya yang dilakukan untuk mendaptkan manfaat dari produk tersebut.
Esensi dari strategi pemasaran adalah menyediakan keuntungan bagi konsumen, mewajibkan organisasi untuk bekerja dengan baik untuk mengantisipasi dan mereaksi kebutuhan konsumen sebagi wujud dari kompetisi itu. Reaksi dari konsumen terhadap suatu produk menentukan sukses atau gagal dari sebuah produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar