Rabu, 23 Desember 2009

tugas perilaku konsumen ke 3 tentang artikel

Nama : Aditya ramadhani
NPM : 11207296
Kelas : 3 EA13




artikel

Yamaha sebagai penggagas motor matic


Sudah di ketahui bahwa penggagas atau pencipta motor matic pertama kali ialah yamaha, pabrikan yamaha pertama kali memunculkan fitur Yamaha nouvo dengan kemampuan maticnya yang tidak memerlukan gigi. Selang beberapa tahun kemudian, yamaha memunculkan motor matic baru yaitu Yamaha mio. Di pangsa pasar indonesia motor matic ini sangat diminati oleh masyarakat indonesia,karena sangat praktis tinggal gas saja dalam mengendarainya. Dan yang tidak kalah menariknya, harga mio dijual dengan harga yang relatif terjangkau dan masih di bawah harga motor bebek lainnya. Mio juga dilempar ke pasaran dengan dua varian berbeda pada umumnya yaiu spoke wheel dan CW.
Berhubung Mio memang si pelopor, wajar bila aksesori dan spare parts-nya bejibun di pasaran. Termasuk racing parts dan pola modifikasi yang bisa diterapkan konsumen pada Mio kesayangannya. Apalagi Yamaha pun membuka kontes modifikasi yang bikin Mio tambah banyak variasi modifikasinya.

Melihat kesuksesan yamaha dengan memunculkan motor matic yang sangat praktis dibandingkan dengan motor yang menggunakan gigi, honda dan suzuki juga berinisiatif mengambil keuntungan dengan membuat motor matic.
Honda memunculkan motor matic yang pertama yaitu Honda vario, honda mempelajari apa saja yang bisa diungguli vario dari yamaha mio.
Motor vario keluaran honda ini sangat diwaspadai oleh Yamaha. Maklum, Vario memiliki segalanya untuk meluluhlantakkan dominasi Mio di pasar. Mengusung mesin tipe baru dengan radiator, namun memiliki cc yang lebih kecil di bawah Mio (108 cc). Dengan segala fitur baru yang ditawarkan plus nama besar Honda, pesona produk matik keluaran Honda ini membuatnya ngetop bahkan sebelum motor ini nampak wujudnya di Tanah Air. "Rasa Mio" sangat kental di Honda Vario ini, tetapi ada beberapa tambahan yang merupakan ciri khas Honda disertakan dalam produk matiknya yang pertama di Indonesia ini.
Diprediksikan nama besar Honda mampu melenyapkan image bahwa motor matik boros bahan bakar. Apalagi dengan cc mesin yang lebih kecil dari Mio, tampaknya Honda memang mengejar irit.

Selang beberapa tahun, pabrikan suzuki juga tidak mau ketinggalan mengambil keuntungan di pangsa pasar indonesia dengan teknologi motor matic.
Lalu suzuki memunculkan Suzuki spin sebagai motor matic pertama di pabrikan suzuki.

Dibanding kedua kompetitornya, keunggulan Spin cuma satu, kapasitas paling besar 125 cc. Lainnya tergolong biasa saja. Bentuknya juga lebih condong ke Mio.
Dengan kapasitas 125cc, ini bisa menjadi keuntungan spin. Bagi penggila kecepatan, tentu akan memilih Spin yang memiliki kapasitas terbesar.

Poin plus ada di masa servis yang ditawarkan Suzuki, tiga tahun free service dan ganti oli. Ini sangat menguntungkan di masa sulit seperti ini. Belum lagi soal servis dan garansi,Suzuki yang paling andal dari dulu. Berani sekali dan jadi pelopor di antara kompetitor lainnya. Jadi jika konsumen membeli Spin , tidak usah pusing memikirkan servisnya. Apalagi teknologi mesin Step masih sebelas dua belas dengan Shogun 125 series/Arashi seperti layaknya Mio dengan Vega series/Jupiter series. Tidak menggunakan radiator. Simpel.

Dari ketiga jenis motor matic di atas tersebut di lihat dari trennya motor tersebut lebih condong untuk kaum wanita, tetapi motor matic terbukti laris dibeli oleh kaum pria.
Tren motor matic yang sangat diminati wanita kebanyakan yang berwarna kuning dan biru. Kaum pria banyak berminat kepada warna hitam dan merah.

Dalam komunikasi dalam pemasaran salah satu yang sering digunakan adala iklan televisi, iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran modern yang aktifitasnya didasarkan pada konsep komunikasi karenanya maka keberhasilannya dalam mendukung program pemasaran merupakan pencerminan dan keberhasilan komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar